C.KARBURATOR
Pada dasarnya, fungsi karburator adalah menyuuplai gas hasil pencampuran bahan bakar dan udara kedalam silinder.namun untuk dapat menghasilkan campuran yang tepat pda setiap ‘’kondisi’’kerja engine adalah sangat sulit,diperlukan beberapa koponen lain untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut.
1. Kaidah perbedaan tekanan
Kita sudah dapat mengbayangkan bahwa karburator bekerja untuk lebih jelasnya,ada tiga unsur yang menjadi dasar kerja karburator,yaitu tekanan atmosfir,kevacuman dan prinsip kerja venturi.
A .tekanan atmosfir
Tekanan atmosfir adalah tekanan udara berada disekitar kita. Tekanan udara pada perbukan air laut adalah 14,7 pound per inchi kuatdrat [pound per square inchi psi]. Udara ini akan selalu memenuhi ruang disekitar kita.
B. VACUM
Pengertian vacum sebenarnya adalah hampa, yaitu tidak ada udara sama sekali dalam satu ruang tertutup
c. VENTURI
venturi merupakan hambatan bagi aliran udara , akibatnya terjadi penurunan tekanan udara pada venturi perbedaan tekanan merupakan dasar kerja suatu karburator .untuk mendapatkan suatu perbedaan tekanan di dalam karburator. Maka di buatlah suatu penyempitan saluran udara di dalam karburator.penyempitan saluran di namakan "
2. Bagian-bagian karburator, nama dan fungsinya
a. Ruang bahan bakar, semua karurator memerlukan suplai bahan bakar yang selalu stabil. Penyuplaian bahan bakar ( dari tangki ) akan di kendalikan oleh jarum pelampug dan pelampung
Pelampung berfungsi untuk mengatur /mengontrol pergerakan jarum pelampung. jar um pelampung berfungsi untuk menutup dan membuka saluran bahan bakar dari tangki.
b.choke valve berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar,
terutama pada saat engine dalam keadaan dingin.
c.piston valve ( throttle valve ) piston valve mengatur jumlah gas
bahan bakar yang masuk ke dalam silinder engine.
Di lihat dari sisi ini maka fngsi sistem valve adalah :
a. merubah putaran engine
b. mempertahankan kecepatan engine ( kendaraan ) pada beban yang berbeda.
d.main jet berfungsi untuk menuplai kebutuhan bahan bakar yang sesuai pada semua tingkat
kecepatan engine putaran tinggi.
e.slow jet berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam silinder engine pada saat engine
dalam kondisi putaran langsam.
f.piston valve screw berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve ( gas ) pada saat
engine putaran langsam.
g.pilot screw berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara yang masuk ke ruang silinder sehngga
d peroleh campuran yang tepat pada saat engine putaran langsam.
h.pompa akselerasi berfungsi untuk menambah jumlah bahan bakar saat engine mengalami
perubahan kecepatan putaran, dari putaran rendah ke putaran tinggi
3. cara kerja karburator
a.putaran langsam ( idle speed )
putaran engine ( rpm ) terendah tanpa beban sesuai dengan
spesipikasi pabrik .
ksaluran yang aktif adalah slow air bleed dan slow jet
b.putaran menengah
putaran menengah adalah engine berputar kira- kira stengah dari
putaran maksimum engine dan posisi pilot valve ( juga posisi gas
tangan ) berada pada setengah lintasan maksimumnya pada
kondisi ini venturi yang terbentuk juga kira-kira setengah dari
venturi maksimum.
Dengan demikian komponen-komponen yang aktif dalam kondisi
engine pada putaran menengah adalah :
a. venturi air bleed
b. slow jet
c. main jet
d. jet needle
e. piston valve
c.putaran tinggi
putaran tinggi adalah engine berputar pada putaran maksimum.
Pada kondisi ini gas tangan di tarik penuh Komponen yang aktif adalah :
a. venturi maksimum
b. jet needle terangkat maksimum
c. saluran utama ( main jet ) dan
d. main air bleed
Tidak ada komentar:
Posting Komentar